Pengaruh Penerapan Idle Stop pada Kendaraan Roda 2 Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi di Kota Tangerang Selatan

  • Jafar Wahid Magister Univ Pancasila
  • Budhi Muliawan Suyitno Universitas Pancasila
  • Indra Chandra Setiawan Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/teknobiz.v14i1.6536
Abstract views: 9 | PDF downloads: 5
Keywords: idle stop, ACG, metode deskriptif eksperimen

Abstract

Dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya, manusia perlu melakukan pergerakan menggunakan alat bantu yaitu kendaraan bermotor. Menggunakan bahan bakar fosil sebagai tenaga penggeraknya, kendaraan bermotor menjadi penyumbang atas masalah pencemaran udara di atmosfer. Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengendalikan emisi gas buang yang keluar dari knalpot agar memenuhi standar baku mutu, seperti modifikasi mesin pembakar, pengembangan katalis converter gas buang, substitusi bahan bakar dan penerapan idle stop. Penelitian ini bertujuan untul mengetahui jumlah konsumsi bahan bakar dan jumlah emisiĀ  CO2, N2O dan CH4 yang dihasilkan dari kendaraan sepeda motor yang menggunakan idle stop serta bagaimana dampak pengurangan emisi yang dapat dicapai. Analisa penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksperimen dengan rancangan pengumpulan data melalui pengujian pada kendaraan roda dua dengan sistem bahan bakar injeksi dan dilengkapi dengan Alternating Current Generator (ACG) dan idle stop (ISS). Hsil penelitian menunjukan jumlah emisi paling besar dihasilkan pada kendaraan NO ISS dengan 1.299 gram CO2; 0,064 gram N2O dan 0,045 gram CH4. Dalam upaya pengurangan emisi melalui idle stop menghasilkan penurunan emisiĀ  rata-rata sebesar 12% dan pengurangan konsumsi bahan bakar berkisar 11,53%.

Author Biographies

Budhi Muliawan Suyitno, Universitas Pancasila

Teknik Mesin, Universitas Pancasila, Jakarta, Indonesia

Indra Chandra Setiawan, Universitas Pancasila

Teknik Mesin, Universitas Pancasila, Jakarta, Indonesia

Published
2024-03-30
Section
Articles