PENGUKURAN WAKTU BAKU DAN ANALISIS BEBAN KERJA PADA PROSES FILLING DAN PACKING PRODUK LULUR MANDI DI PT. GLORIA ORIGITA COSMETICS

  • Endah Meila Sari Universitas Pancasila
  • M. Muchtar Darmawan Univeritas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i1.1253
Abstract views: 75 | pdf downloads: 137
Keywords: Beban kerja, lulur mandi, pengukuran waktu dengan jam henti, tenaga kerja, waktu baku, westinghaouse

Abstract

PT. Gloria Origita Cosmetics adalah perusahaan yang bergerak dalam industri kecantikan dan perawatan tubuh (skin care). Salah satu produk yang diproduksi PT Gloria Origita Cosmetics adalah Lulur Mandi Purbasari kemasan 235 gr. Dalam proses produksinya tidak ada standar waktu yang diterapkan dalam proses produksinya sehingga pihak perusahaan belum dapat menentukan secara pasti berapa kebutuhan jumlah tenaga kerja seharusnya sesuai dengan beban kerja dari masing-masing stasiun kerja. Penelitian ini dilakukan untuk menetapkan waktu baku dan beban kerja pada produksi Lulur Mandi Purbasari kemasan 235 gr tersebut. Proses pengamatan dilakukan dibagian filling dan packing lulur mandi Purbasari dan pengambilan data waktu kerja dilakukan dengan menggunakan jam henti (Stopwatch) serta metode penyesuaian yang digunakan adalah westinghouse. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menganalisis pekerjaan yang dilakukan oleh operator yang ada di ruang filling dan packing, menghitung waktu kerja operator, memperkirakan jumlah permintaan yang akan diterima, menentukan beban kerja dari masing-masing stasiun kerja, dan menentukan jumlah tenaga kerja yang sesuai dengan beban kerja. Hasil perhitungan diperoleh bahwa berdasarkan perhitungan waktu baku maka diperoleh beban kerja yang kurang dari 100% adalah pada proses menutup pot, memasang shrink label, dan memasang capseal, sehingga pada proses tersebut dilakukan pengurang masing-masing satu operator, sedangkan pada proses inspeksi hasil perekatan label (shrinking process) terdapat beban kerja yang berlebih yaitu 114% maka diperlukan penambahan overtime pada proses inspeksi ini.

References

Dedi C, 1994, Perhitungan Waktu Standar dan Penyeimbang Beban Kerja Operator Jalur Permesinan Crankshaf Type S 89 pada PT ADM P-2, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia: Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Jakarta : Bumi Aksara, 2005.

Purnomo, H., Pengantar Teknik Industri, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.

Sarah N.A, 2017, Pengukuran Waktu Baku dan Analisis Beban Kerja pada Proses Produksi Gear Cover Packing (M-013) di PT. Covac Indonesia, Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila: Jakarta.

Sutalaksana, Iftikar Z, Anggawisastra, Ruhana. Tjakraatmadja,Jann H, Teknik Perancangan Sistem kerja, Bandung : ITB, 2006.

Published
2020-01-29
How to Cite
Meila Sari, E., & Darmawan, M. M. (2020). PENGUKURAN WAKTU BAKU DAN ANALISIS BEBAN KERJA PADA PROSES FILLING DAN PACKING PRODUK LULUR MANDI DI PT. GLORIA ORIGITA COSMETICS. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 2(1), 51-61. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i1.1253