PENGARUH LANGKAH PEMBUATAN TERHADAP OPTIMASI KETEBALAN KERTAS MENGGUNAKAN MESIN DAUR ULANG

  • Fauzhia Rahmasari Faculty of Industrial Technology, Jayabaya University
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i1.1209
Abstract views: 789 | PDF downloads: 1045

Abstract

Upaya pengelolaan daur ulang sampah kertas menjadi kertas baru telah banyak dilakukan pada jaman sekarang. Dibutuhkan suatu alat atau mesin yang mampu secara efektif dan efisien dalam mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas baru. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas mesin daur ulang kertas diantaranya adalah ketebalan kertas. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketebalan kertas pada proses produksi kertas menggunakan mesin daur ulang kertas adalah analisis regresi. Analisis regresi merupakan teknik analisis data dalam statistika yang digunakan untuk mengkaji hubungan antara beberapa variabel bebas dengan variabel tidak bebas. Namun, jika ingin mengkaji hubungan atau pengaruh dua atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel tidak bebas, maka model regresi yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ketebalan kertas pada mesin daur ulang kertas menggunakan regresi linier berganda serta memberikan informasi pemodelan mengenai hal tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi keoptimalan ketebalan kertas adalah penghancuran dan pemadatan kertas.

Kata Kunci: analisis regresi linier berganda, langkah pembuatan kertas, ketebalan kertas, mesin daur ulang kertas

References

Djami, R.J., 2014. Metode PCR-TOPSIS untuk Optimasi Taguchi Multirespon. Tesis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Faraz, A. et. al., 2009. Cutting Edge Rounding: An Innovative Tool Wear Criterion in drilling CFRP Composite laminates. International Journal of Machine Tools & Manufacture, 49, pp.1185-1196.

Irianto, A., 2016. Statistik: Konsep Dasar dan Aplikasinya., Jakarta: Penerbit Kencana.

Johnson, R.A. & Bhattacharyya, G.K., 2010. Statistics, Principles and Methods, 6th edition., New York: John Wiley & Sons, Inc.

Kementrian Keuangan Republik Indonesia, 2019. Media Keuangan: Transparansi Informasi Kebijakan Fiskal. vol. 14, no. 144., Jakarta: Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Kutner, M.H. et al., 2004. Applied Linear Regression Models. 4th edition., New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Kusuma, L.T.W.N. & Puspita, D., 2016. Aplikasi Komputer dan Pengolahan Data: Pengantar Statistik Industri., Malang: UB Press.

Montgomery, D.C. et al., 2012. Introduction to Linear Regression Analysis, 5th edition., New York: John Wiley & Sons.

Rahmasari, F., 2017. Optimasi Multirespon Metode Taguchi Menggunakan PCA-TOPSIS dan Metode Vikor. Tesis. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Sathees, M. & Dhas, J.E.R., 2013. Multi Ojective Optimization of Flux Cored Arc Weld Parameters Using Fuzzy Based Desirability Function. Mechanical Engineering Shiraz University, 37(M2), pp.175-187.

Setiawan & Kusrini, D.E., 2010. Ekonometrika., Jogyakarta: Andi.

Soejanto, I., 2009. Desain Eksperimen dengan Metode Taguchi., Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widyawati & Setiawan, 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Produksi Padi dan Jagung di Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains dan Seni ITS, 1(4), pp.2337-3520.

Yafie, E. et. al., 2018. Pelatihan Pembuatan Benda Cinderamata dari Bahan Kertas Daur Ulang untuk Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa dan Guru Alumni. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp.122-127.

Published
2020-01-29
How to Cite
Fauzhia Rahmasari. (2020). PENGARUH LANGKAH PEMBUATAN TERHADAP OPTIMASI KETEBALAN KERTAS MENGGUNAKAN MESIN DAUR ULANG. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi, 2(1), 9-17. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v2i1.1209
Section
Articles