ANALISIS PENGURANGAN WASTE PADA PROSES PERAWATAN KERETA
Abstract views: 821 | PDF downloads: 1034
Abstract
Tulisan ini menjelaskan tentang identifikasi waste pada perawatan kereta bagian bogie dan memberikan rekomendasi perbaikan yang bertujuan untuk mengurangi waste yang terjadi. Dengan menggunakan pendekatan lean concept yang lebih dominan ke arah lean service, penelitian ini dimulai dengan menggambarkan big picture mapping dan pembobotan nilai waste berdasarkan kuesioner menggunakan VALSAT. Waste juga diidentifikasi menggunakan fault tree analysis yang selanjutnya dilakukan perhitungan nilai kritis waste menggunakan FMEA kemudian dilakukan rekomendasi perbaikan menggunakan pendekatan 5W+1H. Hasil perhitungan berdasarkan data yang dikumpulkan, didapatkan bahwa total lead time pengerjaan perawatan kereta yang sebelumnya sebesar 995 menit menjadi 873 menit. Dengan presentase dari value added activity sebesar 93% dan non – necessary value adding sebesar 7%. Dan berdasarkan analisa FMEA didapatkan bahwa waste kritis yang diperlukan perbaikan adalah waste unnecessary motion dengan skor RPN sebesar 140.
Downloads
References
Adrianto, W & Kholil, M. 2015. Analisis Penerapan Lean Production Process untuk Mengurangi Lead Time Process Perawatan Engine (Studi kasus PT. GMF AEROASIA). Jurusan Teknik Industri. Universitas Mercubuana. Jakarta. Jurnal Optimasi Sistem Industri Vol.14 No.2, 299 – 309.
Ferdiana, T . Dan Priadythama, I. 2015. Analisis Defect Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Berdasarkan Data Ground Finding Sheet (GFS) PT. GMF AEROASIA. Jurusan Teknik Industri. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Hendri, John. 2009. Merancang Kuesioner. Riset Pemasaran. Universitas Gunadarma
Marastya, Avinda S. 2018. Analisis Pemborosan Dengan Lean Manufacturing Proses Produksi Kacang Shanghai Di Pt. Abc, Tulungagung, Jawa Timur. Jurusan Teknik Industri. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Jakarta.
Setyaningsih, Ira. 2013. Analisa Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Pasien Menggunakan Pendekatan Lean SERVPERV (Lean Service dan Service Performance). Prodi Teknik Industri. UIN Sunan Kalijaga. Spektrum Industri Vol. 11, No. 2, 117 – 242.