ANALISA STP DAN BAURAN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PAKET VIRTUAL FIELD TRIP GODONGIJO

IDENTIFIKASI STP DAN BAURAN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PAKET VIRTUAL FIELD TRIP GODONGIJO

  • Rory Julia Rodjak Progam Studi Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila
  • Yosi Erfinda Progam Studi Pariwisata Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila
  • Yustisia Pasfatima Mbulu Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/tourism.v9i3.2980
Abstract views: 587 | pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 538

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi STP dan bauran pemasaran di Godongijo dan menganalisa output STP dan Bauran Pemasaran di Godongijo  dalam menyusun paket Virtual Field Trip. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif serta melakukan wawancara dengan Manajer Divisi Ecotainment (Wisata Edukasi) dan Digital Marketing PT.Godong Ijo Asri, Staff/ Pemandu Divisi Ecotainment/Wisata Edukasi  serta wisatawan domestik yang berkunjung langsung ke Godongijo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa identifikasi STP Virtual Field Trip Godongijo didominasi oleh kalangan wisatawan sekolah yang memiliki minat dalam pembelajaran edukasi tumbuhan dan hewan serta menyukai kegiatan pembuatan kerajinan yang didominasi oleh wisatawan yang berasal dari kota Depok. Sedangkan hasil bauran pemasaran di Godongijo sudah memenuhi aspek Process, Promotion dan Price. Maka dalam pengembangan paket virtual field trip berdasarkan STP dan Bauran Pemasaran terdiri dari Family Back to Nature, Virtual Camp Godongijo, Eco-friendly creativity and culture for adult.

References

Bolden, R. 2011. Distributed Leadership in Organizations: A Review of Theory and Research. British: http://onlinelibrary.wiley.com/
Budiarto, T., Wisnu, S. S. T. & Arch, M. 2016. Tempat Pengolahan Susu Sapi Di Boyolali Sebagai Wisata Edukasi. [Thesis] (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Priyanto, R., Syarifuddin, D., & Martina, S. 2018. Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Ramadhanti, A. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Giant Supermarket Mall Mesra Indah Di Samarinda. Sumber, 63, 8-64.Romppanen, J. M. 2021 . Segmentation, Targeting & Positioning (STP). eJournal Administrasi Bisnis, 5 (2): 269-282
Sanjaya, S., dan Pratiwi, N. 2018.Pengaruh People, Process, Dan Physical Evidence Terhadap Kepuasan Atas Pelayanan Pada Perbankan Syariah Di Kota Padang. Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan, Vol 3, Nomor 2.
Siburian, M., Kausar, D. R. K. & Firmansyah, R. 2017. Strategi Pengembangan Wisata Edukasi di Godong Ijod Depok dengan Experiential Marketing. Journal of Tourism Destination and Attraction, 5(1), 11-18.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Utama, I. G. B. R. 2017. Pemasaran Pariwisata. Penerbit Andi.
Wibowo, D.H. & Arifin, Z. 2015. Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59-66.
Wardi, Y. 2016. Pemasaran Jasa: Realita di Indonesia
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc
Published
2021-12-29
How to Cite
Rory Julia Rodjak, Yosi Erfinda, & Pasfatima Mbulu, Y. (2021). ANALISA STP DAN BAURAN PEMASARAN DALAM PENGEMBANGAN PAKET VIRTUAL FIELD TRIP GODONGIJO. Journal of Tourism Destination and Attraction , 9(3), 35-49. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i3.2980