Optimasi Desain Sistem Filtrasi BBM Bio Solar dengan Mengunakan Metode Pahl and Beitz
Abstract views: 146 | PDF downloads: 135
Abstract
Transportasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat. Hal ini di karenakan dengan transportasi manusia dan barang dapat berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain dengan jumlah yang banyak. Moda transportasi kereta api dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (PT. KAI). Kereta api untuk beroperasi memerlukan bahan bakar B30 sebagai sumber tenaga. Penelitian ini akan membuat perancangan konsep alat filtrasi BBM B30. Dimana alat filtrasi BBM B30 ini akan digunakan untuk menjaga kualitas BBM B30 yang disalurkan dari tangki timbun ke lokomotif. Bahan bakar minyak B30 adalah jenis minyak solar dengan campuran biodiesel 30% (B30) yang ditetapkan dalam SK Dirjen Migas No.146.K/10/DJM/2020. Bahan bakar B30 mengandung banyaknya Fatty Acid Menthyl Ester (FAME) yang menyebabkan banyaknya penggantian elemen filter ROT. Metode yang digunakan dalam perancangan alat filtrasi BBM B30 adalah metode Palhl and Beitz dan melakukan analisis kekuatan kerangka mengunakan Computer Aided Engineering (CAE) dengan tujuan menvalidasi struktur kerangka untuk menerima beban dari seluruh komponen alat filtrasi BBM B30 sebesar 100 kg. Metode eksperimen perencanaan perancangan mengunakan ukuran panjang 1500 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 750 mm. Dalam perancangan menunjukan bahwa alat filtrasi BBM B30 mampu menfiltrasi tangki timbun berkapasitas 29.000 liter dengan waktu ±9 jam dengan kapasitas pompa 50 liter/menit dan filtrasi (Out - In) untuk pengunaan elemen filter didapatkan nilai efisiensi yang cukup signifikan sebesar 23,8 %. Telah di lakukan Uji Cleanliness hasil filtrasi dari alat filtrasi BBM B30 di laboratorium Badan Layanan Umum Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS) sesuai ISO 4406 di dapat hasil code 18/16/13 yang dimana tidak melebihi code dari standart Diesel Engine dapat disimpulkan sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan atau sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan
Downloads
Copyright (c) 2024 Teknobiz : Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.