IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PENGGUNA KURSI SANDAR DI PERON STASIUN
Abstract views: 1002 | pdf downloads: 928
Abstract
Kursi sandar merupakan kursi tunggu yang disiapkan oleh PT. Kereta Commuter Indonesia (PT. KCI) disetiap peron stasiun. Pergantian bentuk kursi sandar dinilai tidak memberikan rasa nyaman bagi para penumpang, oleh karena perlu diidentifikasi kebutuhan kursi sandar penumpangdengan menggunakan metode QualityFunction Deployment(QFD). Metode QFD merupakan suatu metode yang terstruktur didalam pengembangan produk yang memungkinkan tim pengembangan produk untuk menetapkan dengan jelas semua keinginan dan kebutuhan konsumen. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan dari penyebaran kuesioner dan wawancara kepada pengguna commuter linekhususnya yang menggunakan stasiun Manggarai dan stasiun Jatinegara. Pengambilan data melibatkan 100 orang pengguna commuter lineyang diambil secara acak (random sampling). Berdasarkan metode QFD didapatkan kebutuhan pelanggan prioritas dari kursi sandar yaitu nyaman saat digunakan, aman untuk digunakan, tidak mudah rusak, dan mampu menahan beban. Karakteristik teknis prioritas yaitu ukuran tinggi dudukan dan jenis material yang digunakan pada kursi sandar. Perbaikan kursi sandar antara lain mengganti ukuran tinggi kursi, ukuran tinggi dudukan kursi, tinggi sandaran kursi, dan banyaknya jumlah kursi di peron stasiun.
Downloads
References
Cohen, Lou. 1995. Quality Function Deployment: How To Make QFD Work for You. New York: Addison-Wesley Publishing Company.
Jogiyanto. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran Edisi 11. Jakarta: PT. Indeks.
Kusuma, Edward Febriyatri. Kursi Di Peron Stasiun Manggarai Berubah Penumpang Commuter Line Mengeluh. https://m.detik.com/news/berita/d-3043492/kursi-di-peron-stasiun-manggarai-berubah-penumpang-commuter-line-mengeluh. Diunggah pada tanggal 13 Oktober 2015.
Putra, Erik Purnama. Menuju Wajah Baru Stasiun Manggarai. https://www.republika.co.id/berita/koran/urbana/16/11/28/ohcmk216-menuju-wajah-baru-stasiun-manggarai. Diunggah pada tanggal 28 November 2016.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Tiga. Jakarta: Andi.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.