Hubungan antara Big Five Personality Trait dengan Celebrity Worship pada Dewasa Muda Penggemar K-Pop di Sosial Media

  • Vera Novita Efathania Fakultas Psikologi, Universitas Pancasila
  • Aisyah Fakultas Psikologi, Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/mindset.v10i01.734
Abstract views: 5644 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 5532

Abstract

Musik K-Pop semakin mendunia dan diminati, termasuk di Indonesia. Budaya pengidolaan terhadap idol K-Pop tidak hanya dilakukan oleh remaja, melainkan masih dilakukan oleh kaum dewasa muda. Penggemar memusatkan kegiatan pengidolaan pada bias, yaitu idol K-Pop yang paling digemari. Seiring perkembangan teknologi, penggemar melakukan kegiatan pengidolaan melalui media sosial. Kegiatan penggemar di media sosial menunjukkan bentuk celebrity worship, yaitu obsesi terhadap satu atau lebih sosok selebriti. Celebrity worship ditemukan berkaitan dengan tipe kepribadian tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh mengenai hubungan antara big five personality trait dengan celebrity worship pada dewasa muda penggemar K-Pop di media sosial. Sampel penelitian ini adalah 328 individu dewasa muda berusia 18-40 tahun di JABODETABEK. Celebrity worship diukur menggunakan Celebrity Attitude Scale (CAS) dan big five personality trait diukur menggunakan IPIP-NEO. Hasil uji dengan teknik pearson correlation menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara neuroticism dan agreeableness dengan celebrity worship. Penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih dalam mengenai tipe-tipe personality yang sudah terbukti berkaitan dengan celebrity worship, misalnya  neuroticism.

References

Amiel, T., & Sargent, S. L. (2004). Individual differences in internet usage motives. Computers in Human Behavior, 20(6), 711-726.

Anasitasi, A. & Urbina, S. (2016). Tes psikologi (7th ed.) (R. H. S. Imam, Trans.). Jakarta: Indeks.

Anestia, C. (2017, Agustus 11). Ini aplikasi wajib untuk pencinta kpop. Liputan6. Diunduh dari https://www.liputan6.com/tekno/read/3051241/ini-aplikasi-wajib-untuk-pencinta-kpop

Azwar, S. (2001). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2017). Dasar-dasar psikometrika (2nd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cervone, D. & Pervin, L. A. (2013). Personality theory and research (12th ed.). USA, NJ : John Wiley & Sons.

Citra. (2013, April 1). Sasaeng fans ungkap sikap fanatisme tak wajar terhadap para idola k-pop. Dreamers.id. Diunduh dari http://hiburan.dreamers.id/article/7571/sasaeng-fans-ungkap-sikap-fanatisme-tak-wajar-terhadap-para-idola-k-pop

Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1992). Normal personality assessment in clinical practice: The NEO Personality Inventory. Psychological Assessment, 4(1), 5-13.

Deny, S. (2016, Agustus 19). Pengeluaran per kapita masyarakat RI naik. Liputan6.com. Diunduh dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/2580902/pengeluaran-per-kapita-masyarakat-ri-naik

Dhani, A. (2017, Agustus 24). Penggemar k-pop agresif?. Tirto.id. Diunduh dari https://tirto.id/penggemar-k-pop-agresif-cu6S

Dilla. (2017, Oktober 16). Buat pecinta kpop dan kdrama pemula, 13 istilah ini wajib tahu!. Idntimes.com. Diunduh dari https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/dilla-5/buat-pecinta-kpop-dan-kdrama-pemula-13-istilah-ini-wajib-tahu-c1c2

Feist, J., & Feist, G. J. (2006). Theories of personality (6th ed.). New York: McGraw-Hill Companies. Inc.

Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2009). Statistics for the behavioral sciences (8th ed.). USA, CA: Wadsworth Cengage Learning.

Graziano, W. G., Habashi, M. M., Sheese, B. E., & Tobin, R. M. (2007). Agreeableness, empathy, and helping: A person × situation perspective. Journal of Personality and Social Psychology, 93(4), 583-599.

Hayes, N., & Joseph, S. (2003). Big 5 correlates of three measures of subjective well-being. Personality and Individual Differences, 34(4), 723-727.

Hidayati, L. (2018, Juli 16). Fans kisruh hingga konser wanna one di jakarta diberhentikan, kang daniel angkat bicara. Okezone Celebrity. Diunduh dari https://celebrity.okezone.com/read/2018/07/16/205/1922795/fans-kisruh-hingga-konser-wanna-one-di-jakarta-dihentikan-kang-daniel-angkat-bicara

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.) (Istiwidayati & Soedjarwo, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Idntimes.com. (2018, Juli 13). Sering dianggap tak setia,ini 5 curhatan para fans multifandom. Diunduh dari https://www.idntimes.com/hype/entertainment/astrimeita185atgmailcom/5-suka-duka-jadi-fans-multifandom-c1c2-1/full

Inikpop.com. (2017, September 18). Hal-hal yang perlu kamu tahu tentang larangan pacaran idol kpop. Diunduh dari https://inikpop.com/hal-hal-yang-perlu-kamu-tahu-tentang-larangan-pacaran-idol-kpop/

Korea.net. (2018). Hallyu (korean wave). Diunduh dari http://www.korea.net/AboutKorea/Culture-and-the-Arts/Hallyu

Kumar, R. (2011). Research methodology : A step-by-step guide for beginners (3rd ed.). London: SAGE Publications.

Kumparan.com. (2017a, Desember 17). 7 acara musik korea favorit fans k-pop. Diunduh dari https://kumparan.com/@kumparank-pop/7-acara-musik-korea-favorit-fans-k-pop

Kumparan.com. (2017b, Januari 6). Fanatismefans k-pop: Candu dan bumbu remaja. Diunduh dari https://kumparan.com/@kumparank-pop/fanatisme-fans-k-pop-candu-dan-bumbu-remaja

Kumparan.com. (2017c, November 28). 5 barang ini cuma fans k-pop yang mengerti. Diunduh dari https://kumparan.com/@kumparank-pop/5-barang-ini-cuma-fans-k-pop-yang-mengerti

Kumparan.com. (2018, Maret 25). 5 aksi galang dana yang dilakukan fans atas nama idola kpop. Diunduh dari https://kumparan.com/@kumparank-pop/5-aksi-galang-dana-yang-dilakukan-fans-atas-nama-idola-k-pop

Lamers, S. M., Westerhof, G. J., Kovács, V., & Bohlmeijer, E. T. (2012). Differential relationships in the association of the big five personality traits with positive mental health and psychopathology. Journal of Research in Personality, 46(5), 517-524.

Levinson, D. J. (1986). A conception of adult development. American Psychologist, 41(1), 3-13.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411-428.

Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and Individual Differences, 40(2), 273-283.

Maltby, J., Houran, J., & McCutcheon, L. E. (2003). A clinical interpretation of attitudes and behaviors associated with celebrity worship. The Journal of Nervous and Mental Disease, 191(1), 25-29.

Maltby, J., McCutcheon, L. E. & Lowinger, R. J. (2011). Brief report: Celebrity worshipers and the five-factor model of personality. North American Journal of Psychology, 13(2), 343-348.

Maltby, J., McCutcheon, L. E., Ashe, D. D., & Houran, J. (2001). The self-reported psychological well-being of celebrity worshippers. North American Journal of Psychology, 3(3), 441-452.

Martin, M. M., McCutcheon, L. E., & Cayanus, J. (2015). Celebrity worship and its relationship to television-watching motives: A brief report. North American Journal of Psychology, 17(2), 213-220.

McCrae, R. R., & Costa Jr, P. T. (1992). Discriminant validity of NEO-PIR facet scales. Educational and Psychological Measurement, 52(1), 229-237.

McCrae, R. R., & Costa, P. T. (1997). Conceptions and correlates of openness to experience. In Handbook of personality psychology (pp. 825-847).

McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and measurement of celebrity worship. British Journal of Psychology, 93(1), 67-87.

McCutcheon, L. E., & Maltby, J. (2002). Personality attributions about individuals high and low in the tendency to worship celebrities. Current Research in Social Psychology, 7(19), 325-338.

Meilisa, T. F., & Yanuvianti, M. (2016). Hubungan antara trait kepribadian the big five dengan celebrity worship pada komunitas jkt48 west java di kota Bandung (Unpublished thesis). Universitas Islam Bandung: Bandung.

Noor, J. (2011). Metodologi penelitian: Skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Papalia, D. E. & Martorell, G. (2017). Experience human development (13th ed.). New York, NY: Mc-Graw-Hill International Edition.

Raviv, A., Bar-Tal, D., Raviv, A., & Ben-Horin, A. (1996). Adolescent idolization of pop singers: Causes, expressions, and reliance. Journal of Youth and Adolescence, 25(5), 631-650.

Reeves, R. A., Baker, G. A., & Truluck, C. S. (2012). Celebrity worship, materialism, compulsive buying, and the empty self. Psychology & Marketing, 29(9), 674-679.

Rifameutia, T. & Malay, E. (2015). Hasil uji adaptasi alat ukur kepribadian dan trait dari teori big five personality. Unpublished Instrument.

Rochimawati & Puspitasari, R. (2017, Desember 20). Hujan artis Korea di Indonesia sepanjang 2017. Viva.co.id. Diunduh dari https://www.viva.co.id/showbiz/musik/989151-hujan-artis-korea-di-indonesia-sepanjang-2017

Ross, C., Orr, E. S., Sisic, M., Arseneault, J. M., Simmering, M. G., & Orr, R. R. (2009). Personality and motivations associated with facebook use. Computers in Human Behavior, 25(2), 578-586.

Rumangun, W. N. (2017, September 26). 8 kado “gila” fans k-pop buat idolnya, dari hutan sampai rasi bintang. Brilio.net. Diunduh dari https://www.brilio.net/selebritis/8-kado-gila-fans-k-pop-buat-idolanya-dari-hutan-sampai-rasi-bintang-170925m.html

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan masa hidup jilid 2 (13th ed.). (B. Widyasinta, Trans.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Schmitt, D. P., Realo, A., Voracek, M., & Allik, J. (2008). Why can't a man be more like a woman? Sex differences in big five personality traits across 55 cultures. Journal of Personality and Social Psychology, 94(1), 168-182.

Septi, A. D. (2018, Agustus 27). Penutupan asian games 2018: Berkonsep perayaan dan suguhan bintang k-pop. DetikSport. Diunduh dari https://sport.detik.com/sport-lain/d-4184816/penutupan-asian-games-2018-berkonsep-perayaan-dan-suguhan-bintang-k-pop

Specht, J., Egloff, B., & Schmukle, S. C. (2011). Stability and change of personality across the life course: The impact of age and major life events on mean-level and rank-order stability of the Big Five. Journal of Personality and Social Psychology, 101(4), 862.

Sudrajat, F. (2018, November 26). 5 grup kpop ini telah konfirmasi akan comeback di bulan desember 2018. Idntimes.com. Diunduh dari https://www.idntimes.com/hype/entertainment/fitriani-sudrajat/grup-kpop-comeback-desember-2018-c1c2

Sugiyono. 2006. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r & d. Bandung: Alfabeta.

Suhatmady, B., & Surya, S. (2016). A study on indonesian k-popers’ literacy activities in online english fanfiction community. Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 71-82.

Tempo.co. (2015, Desember 7). 12 istilah ini cuma dipahami oleh pecinta k-pop. Diunduh dari https://seleb.tempo.co/read/725681/12-istilah-ini-cuma-dipahami-oleh-pecinta-k-pop/full&view=ok

Triadanti. (2018, April 9). Lagi viral dibahas, ini lho 7 istilah dunia rp yang perlu kamu tahu. Idntimes. Diunduh dari https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/danti/lagi-viral-dibahas-ini-lho-7-istilah-dunia-rp-yang-perlu-kamu-tahu-1

Untari, P. H. (2018, Mei 14). Seperti teror bom, 3 idol grup korea dapat ancaman pembunuhan. Okezone Celebrity. Diunduh dari https://celebrity.okezone.com/read/2018/05/14/33/1898234/seperti-teror-bom-3-idol-grup-korea-dapat-ancaman-pembunuhan?page=1

Wardoyo, E. (2017, April 27). Rekam jejak fans k-pop di Indonesia: Bully, fanwar dan pertemanan dunia maya. Idntimes. Diunduh dari https://hype.idntimes.com/entertainment/erina-wardoyo/rekam-jejak-fans-k-pop-di-indonesia-bully-fanwar-dan-pertemanan-dunia-maya/full

Widhiarso, W. (2010). Pengkategorian data dengan menggunakan statistik hipotetik dan statistic empirik. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Yue, X. D., & Cheung, C. K. (2000). Selection of favourite idols and models among Chinese young people: A comparative study in Hong Kong and Nanjing. International Journal of Behavioral Development, 24(1), 91-98.

Zahrotustianah & Puspitasari, R. (2017, Mei 29).7 Konser k-pop ini bikin merinding. Viva. Diunduh dari https://www.viva.co.id/gaya-hidup/920142-7-konser-k-pop-ini-bikin-merinding

Zenny, A. P. S. (2017, September 13). Wanna one comeback November dengan album repackaged. Detikhot. Diunduh dari https://hot.detik.com/kpop/d-3641503/wanna-one-comeback-november-dengan-album-repackage.

Published
2019-07-29
How to Cite
Efathania, V. N., & Aisyah. (2019). Hubungan antara Big Five Personality Trait dengan Celebrity Worship pada Dewasa Muda Penggemar K-Pop di Sosial Media. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 10(01), 1-16. https://doi.org/10.35814/mindset.v10i01.734
Section
Articles