PERANCANGAN APLIKASI KONSULTASI ONLINE UNTUK GANGGUAN JIWA BERBASIS WEB

  • Eka Sari Octaviani Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta
  • Yunita Sari Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta
  • Erwin Suhandono Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v1i1.213
Abstract views: 1804 | PDF downloads: 4783
Keywords: aplikasi, konsultasi, gangguan jiwa

Abstract

Sebagian besar orang yang mengunjungi psikiater merasa canggung bahkan malu karena kuatnya stigma negatif dari masyarakat terhadap orang-orang yang berobat ke dokter jiwa. Masyarakat cendrung masih mempercayai gangguan jiwa adalah penyebab kurangnya iman atau masuknya roh halus ke dalam tubuh manusia yang lemah. Tulisan ini menjelaskan tentang perancangan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam memahami serta mampu mengatasi kesehatan jiwa
secara daring yang begitu informatif bersama psikolog maupun psikiater terpercaya. Dengan metode pengumpulan data dan analisa kebutuhan menghasilkan Aplikasi Konsultasi Online untuk Gangguan Jiwa berbasis web. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan menggunakan metode black box aplikasi ini mempermudah penguna dalam menggunakan aplikasi serta memudahkan mencari informasi tentang kesehatan jiwa.

References

American Psychiatric Association (2013). Diagnostic and statistical manual of mental disorders Fifth Edition.

Arlington: VA American Psychiatric Publishing.A.S Rosa dan M. Shalahudin (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Penerbit Informatika Bandung.

Maslim, Rudi. 2013. Buku saku Diagnosis Gangguan Jiwa. Jakarta: PT Nuh Jaya.Naista David. 2016. Bikin Framework PHP sendiri dengan OOP dan MVC, Jogyakarta: Lokomedia.

Rapina, Jerry dan Yenni Carolina. 2011. Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Survey Terhadap Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying). Jurnal Riset Akuntansi Vol.III No.2 Oktober 2011.

Sugiarti, Yuni, S.T.M.Kom, 2013. Analisis dan Perancangan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Taufiq, Rohmat. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yakub dan Vico Hisbanarto. 2014. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2019-01-01
How to Cite
Eka Sari Octaviani, Yunita Sari, & Erwin Suhandono. (2019). PERANCANGAN APLIKASI KONSULTASI ONLINE UNTUK GANGGUAN JIWA BERBASIS WEB. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi, 1(1), 9-16. https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v1i1.213
Section
Articles