Pengaruh Gradien 40o/oo Terhadap Jumlah LRV Yang Ditarik Kereta Penolong untuk Menghindari Terjadinya Slip Pada LRT Jakarta

  • Fadli Irnanda Saputra Darmono Universitas Pancasila
  • Ramon Trisno Universitas Pancasila
DOI: https://doi.org/10.35814/asiimetrik.v4i1.2175
Abstract views: 256 | pdf downloads: 300
Keywords: rail, slip, calculation, tensile adhesion force, total resistance

Abstract

LRT Jakarta is one of the train operators in Indonesia. Apart from the passenger train (LRV), the Jakarta LRT also has a helper train (MRV). At the Jakarta LRT, the MRV operation has to pass a very steep incline, namely a 40o/oo gradient. This can result in a high probability of slippage. Such an incident can be avoided if we know how much the adhesion pull of the tow cart and the total resistance of the tow cart. For that we need further calculations regarding the total resistance of the train to the adhesion tensile force. So that in this final project will produce the maximum number of trains that can be pulled by the locomotive so that no slip occurs. With quantitative methods, data collection and calculation / analysis, the expected results are obtained in this final report. So that it can be seen that the maximum MRV traction effort is 107 kN and the resistance by pulling 3 LRV is 99 kN. Slip occurs when the resistance exceeds maximum traction effort. So it can be concluded that the MRV can attract 3 LRV without any slip when on the 40o/oo gradient path.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supriyana, N. dan Kholidin, A., 2016. Analisa tegangan poros roda gerbong kereta api dengan metode elemen hingga. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 7(2), hal. 681-686.

Alfian, I. dan Sulistiyowati I., 2018. Evaluasi Pembebanan Kereta Api Lokomotif Ganda Yang Beroperasi di Indonesia Terhadap Rencana Muatan 1921. Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan, hal. 371–377.

Hendra, F. dan Effendi, R., 2016. Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) Untuk Alat Berat Pemeliharaan Jalan Rel PT. Kereta Api. SINTEK JURNAL: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 10(1). hal. 22-30.

Dwiatmoko, H., 2018. Peran perkeretaapian dalam menunjang sistem logistik nasional. Jurnal Transportasi, 18(2), hal. 87–96.

Fadillah, I.R., 2020. Analisis Batas Kecepatan Kritis Keluar Rel Di Lengkungan R60 Dengan Kondisi Tidak Ada Pelebaran dan Peninggian Pada Proyek LRT. Jurnal Teknik Sipil-Arsitektur, 19(1), hal.105-112.

Hafitsah, Y., 2016. Analias Geometri Bodi Mobil Dan Aerodinamis Material Berbahan Dasar Serat Fiber. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Medan Area.

Soebagyo, H., Kusuma, G.C. dan Hernadi, 2019. Pemeriksaan sambungan las aluminium pada struktur kereta api ringan dengan metode non-destructive test. Jurnal ASIIMETRIK: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, hal.58-64.

Pah, J.C.A., Irawan, Y.S. dan Suprapto, W., 2018. Pengaruh Waktu dan Tekanan Gesek terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Paduan Aluminium dan Baja Karbon pada Pengelasan Gesek Continuous Drive. Rekayasa Mesin, 9(1), hal. 51-59.

Rahardjo, A., Hakim, M. E. dan Wahab, A., 2017. Analisa Sistem Pembakaran Pada Mesin Diesel Lokomotif CC 201. Jurnal Teknik Mesin Universitas Islam Malang, 3(2), hal. 44–47.

Chotim, N., Boedi, H dan Zulkarnain A., 2018. Pembuatan Alat Ukur Digital untuk Pengukuran Tinggi Alat Perangkai Lokomotif Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-21. Universitas Brawijaya.

Soesilo, A.H., Fadelan, F. dan Putra, W.T., 2020. Perancangan Dan Analisis Carbody Lokomotif Dengan Metode Elemen Hingga. KOMPUTEK, 4(2), hal. 8-18.

Susanti, A., Suprayitno, H., dan Soemitro, R.A.A., 2017. Wilayah Pengaruh Kereta Api Komuter Terhadap Pengguna Sepeda Motor di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi, 17(3), hal. 235–244.

Variano, V., 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Merek Konsumen Kereta Api. Agora, 5(3). hal. 1-7.

Published
2022-01-31
How to Cite
Darmono, F. I. S. and Trisno, R. (2022) “Pengaruh Gradien 40o/oo Terhadap Jumlah LRV Yang Ditarik Kereta Penolong untuk Menghindari Terjadinya Slip Pada LRT Jakarta”, Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa & Inovasi, 4(1), pp. 73-80. doi: 10.35814/asiimetrik.v4i1.2175.
Section
Articles