Efek Variasi Campuran Solvent-Varnish dan Suhu Pengeringan terhadap Karakteristik Pelapis
Abstract views: 401 | pdf downloads: 525
Abstract
Painting is a process to make a thin layer of paint over an object. Factors to beautify the results of painting on the vehicle body are given a layer of varnish. To produce a quality varnish coating, it is necessary to pay attention to the ratio between the varnish-solvent used and the drying method used. This study aims to determine the mixture of varnish - solvent (1:0,1 and 1:0,2) with a drying temperature method of 40°C, 60°C, and 80°C on gloss, thickness, and adhesion to the motor vehicle body. The lower the oven temperature, the higher the gloss and the thicker the coating. The best adhesion at the oven temperature of 40ºC and 60ºC on all varnish-solvent compositions. The higher of the solvent mixture would result glossier and less thickness of the layer form.
Downloads
References
Ardyanto, M. W. dan Utama, F. Y., 2018. Rekayasa Komposisi Mixing Solvent Dan Varnish Terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Menggunakan Gloss Meter. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 07(1), hal. 26–33.
Andika, B.G., Bambang, A. dan Bayu, W.K., 2018, December. Pengaruh Variasi Kelembaban, Temperatur Dan Ketebalan Cat Pada Material A53 Grade B Terhadap Laju Korosi Di PT PJB Ubjom Pacitan Studi Kasus PLTU 1 Jatim Pacitan. In Proceedings Conference on Piping Engineering and its Application, Vol. 3, No. 1, hal. 151-156.
Hutama, T.S., Darsin, M. and Mulyadi, S., 2019. Optimasi Variasi Diameter Nozzle, Tekanan Udara, Dan Suhu Pengeringan Pada Pelapisan Baja ST37 Menggunakan Metode Response Surface. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(2), hal. 687-694.
Khasib, A. dan Wulandari, D., 2017. Pengaruh Variasi Penggunaan Thinner Pada Campuran Cat Terhadap Kualitas Hasil Pengecatan. Jurnal Teknik Mesin (JPTM), 6(1), hal. 35–42.
Mulyanto, T. dan Arta, S.P., 2020. Pengaruh Perlakuan Awal Terhadap Daya Rekat Dan Kekuatan Lapisan Pada Proses Pengecatan Serbuk. Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Inovasi, hal. 25-32.
Noor, R. A. M. dan Tarmedi, E., 2013. Pengaruh Ketebalan Lapisan Terhadap Daya Lekat Cat. Laporan Penelitian Mandiri, 11(1), hal. 1–5.
Permana, F.I. dan Anwar, S., 2014. Pengaruh kualitas Thinner pada Campuran Cat Terhadap Hasil Pengecatan. Jurnal Teknik Mesin (JTM), 3(02), hal. 53-61.
Salim, S., 2019. Pencegahan Korosi Kapal Dengan Metode Pengecatan. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), hal. 93–99.
Siregar, R. dan Abidin, T., 2020. Pengaruh Besar Temperatur Dan Lama Pemanasan Terhadap Daya Lekat Cat Pada Oven Portable Dalam Pengecatan Bodi Mobil. Jurnal Sains dan Teknologi, 10(1), hal. 14–22.
Soegijono, B., Susetyo, F.B. dan Notonegoro, H.A, 2019. Perilaku Ketahanan Korosi Komposit Coating Poliuretan / Silika / Karbon Pada Baja Karbon Rendah. FLYWHEEL : Jurnal Teknik Mesin Untirta, V(1), hal. 57–60.
Supriyono, S., Mulyanto, T. dan Miftahuddin, M., 2019. Analisis Pengaruh Suhu Pengovenan Terhadap Daya Rekat Dan Kekuatan Lapisan Pada Pengecatan Serbuk. Presisi, 21(2), pp.77-87.
Tyagita, D.A., Pratama, A.W. dan Aprianto, D.B., 2019. Variasi Kadar Tiner dan Temperatur Pengeringan terhadap Kualitas Hasil Pengecatan Bodi Kendaraan Berbahan ABS. J-Proteksion, 4(1), pp.11-15.